Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Kelewatan! | Liputan Persada
qadar3

Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Kelewatan!

Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Kelewatan!CIRI-ciri malam lailatul qadar. Salah satunya kejadian utama pada peristiwa bulan Ramadan ialah hadirnya malam lailatul qadar. Tidak ada kejelasan berkenaan kapan hadirnya lailatul qadar, satu malam yang diceritakan dalam Alquran “lebih bagus dari seribu bulan”.

Ada hadis yang diriwayatkan Imam Abu Dawud mengatakan jika Nabi Muhammad Shallallahu laiahi wassallam pernah ditanyakan mengenai malam lailatul qadar. Beliau menjawab, “Lailatul qadar ada di tiap bulan Ramadan.” (HR Abu Dawud)

Tetapi menurut hadis yang lain yang diriwayatkan Ibunda Aisyah Radhiyallahu anha, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memerintah:

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Cari lailatul qadar itu di tanggal gasal dari 10 paling akhir di bulan Ramadhan.” (HR Bukhari)

Menurut opini lain, malam lailatul qadar itu terjadi pada 17 Ramadan, 21 Ramadan, 24 Ramadan, tanggal gasal pada 10 akhir Ramadan, dan sebagainya.

Namun, tidak seorang juga yang ketahui persisnya kapan hadirnya malam lailatul qadar. Sejauh ini umat Islam cuma membaca pertanda malam yang menurut Alquran lebih bagus dari seribu bulan ini.

Begitu mulianya malam lailatul qadar karena sanggup bawa seorang hamba pada ketakwaan yang utama. Lalu, apa beberapa ciri dari malam lailatul qadar?

Dalam beberapa kisah hadits sudah dijelaskan berkenaan pertanda atau ciri-ciri malam lailatul qadar, salah satunya:

1. Di hari itu matahari berkilau tidak begitu panas dengan cuaca benar-benar sejuk, seperti hadis kisah Imam Muslim.

2. Saat malam harinya langit terlihat bersih, tidak terlihat awan sedikit juga, situasi tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas.

Ini berdasar kisah Imam Ahmad. Dalam Mu’jam At-Thabari al-Kabir disebut jika Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

BACA JUGA :  Doctor Strange 2 | Nonton Gratis Streaming Online Sepuasnya

“Malam lailatul qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak terlihat dan di siang harinya matahari berkilau tidak demikian panas.”

Begitu berkenaan pertanda malam lailatul qadar. Mudah-mudahan berguna. Wallahu a’lam bishawab.

Berikut adalah versi videonya yang bisa kalian tonton :https://www.youtube.com/watch?v=VGgbOQ2mcHM

Akhir kata

Demikian sekilas info tentang Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Kelewatan!. Bila ada kritik dan saran tulis di kolom komentar ya!  Terima kasih dan sampai jumpa kembali.