50 Orang Terkaya di Indonesia Dalam Daftar Forbes 2021 Lihat Kekayaan Kolektif Naik 21%

LIPUTANPERSADA.COM – Di tengah pemulihan ekonomi, hampir tiga perempat dari orang-orang terkaya di Indonesia versi Forbes melihat kekayaan mereka meningkat, dengan delapan menambahkan US$ miliar atau lebih. Kekayaan bersih gabungan mereka naik lebih dari 25% ke rekor 10$ miliar, naik dari 25$ miliar tahun lalu. Daftar lengkapnya tersedia di sini serta di edisi Desember Forbes Asia dan Forbes Indonesia.

Menyusul kontraksi sebesar 5% pada tahun , ekonomi Indonesia diperkirakan akan tumbuh hampir 15% tahun ini, sebagian didorong oleh peningkatan ekspor komoditas. Dengan munculnya varian Omicron, negara yang awal tahun ini digempur Covid-19 akan habis-habisan mencegah gelombang ketiga dengan pembatasan kedatangan internasional serta pembatasan liburan Natal dan Tahun Baru. Namun demikian, indeks pasar saham acuan Indonesia naik lebih dari 15% sejak keberuntungan diukur tahun lalu.

Saudara R. Budi dan Michael Hartono mempertahankan posisi teratas mereka dengan kekayaan bersih 10$. miliar. Mereka adalah penghasil dolar terbesar tahun ini, menambahkan 15$. miliar, terutama berkat naiknya saham Bank Central Asia karena investor masuk ke saham bank. Meskipun kekayaan mereka jatuh 5$. miliar, keluarga Widjaja dari konglomerat Sinar Mas tetap di No. dengan kekayaan bersih 20$. miliar. Mereka terhitung antara 7 orang dalam perincian yang alami pengurangan kekayaan tahun ini, karena pemasaran dan keuntungan yang lebih rendah dalam usaha kertas group.

Mengklaim kembali tempat ketiga setelah jeda empat tahun adalah Anthoni Salim, yang menjalankan bisnis Salim Group dari makanan hingga telekomunikasi. Kekayaan bersihnya mendapat peningkatan 15% menjadi 25$. miliar, karena investasinya pada bintang yang sedang naik daun seperti Emtek dan operator pusat data DCI Indonesia terbayar. Di No. adalah Sri Prakash Lohia dari Indorama Corp yang juga melihat kekayaannya naik 10$ juta menjadi 15$. miliar Membulatkan lima besar adalah Prajogo Pangestu dari Barito Pacific, yang kekayaan bersihnya naik sedikit menjadi 20$. miliar.

BACA JUGA :  Tips 5 Langkah Mudah Investasi Buat Anak Muda

Penerima manfaat perbankan digital yang paling menonjol adalah bankir veteran Jerry Ng, pemenang terbesar tahun ini dalam hal persentase. Kekayaannya bertambah lebih dari 5 kali lipat di tengah-tengah pengembangan digital Bank Jago, mendorongnya ke No. dengan 15$. miliar.

IPO Januari DCI Indonesia menghasilkan tiga dari empat pendatang baru dalam daftar tahun ini salah satu pendiri Otto Toto Sugiri No 1 10$ miliar, Marina Budiman No2 10$ miliar dan Han Arming Hanafia No 3 25$ miliar membuat debut mereka di tengah naiknya saham perusahaan. Sugiri juga tampil di sampul majalah Forbes Asia edisi Desember. Pendatang baru keempat dalam daftar adalah John Kusuma No 4 30$ miliar yang memiliki saham berharga di Bank Aladin Syariah, yang hadir di ranah digital.

Peningkatan harga batu bara mengakibatkan kekayaan enam emiten dari divisi itu, termaksud Kiki Barki, hanya satu yang kembali tahun ini. Barki, pendiri penambang batubara Wangi Energy, kembali sehabis kontradiksi 7 tahun di No. dengan 15$ miliar Lima dari tahun lalu tidak mencapai batas untuk daftar tahun ini, yaitu 10$ juta naik menjadi 20$ juta.

Daftar ini disusun menggunakan informasi kepemilikan saham dan keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa saham, laporan tahunan dan analis. Rangking itu memberikan kekayaan pribadi dan keluarga, terhitung yang dibagi antara famili. Perusahaan swasta dipandang berdasar perusahaan semacam yang diperjualbelikan secara khalayak. Kekayaan publik dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar per November dan penyesuaian mungkin telah dilakukan untuk beberapa saham yang diperdagangkan tipis atau memiliki pelampung publik yang rendah. Daftar ini dapat meliputi masyarakat negara asing yang mempunyai jalinan usaha, rumah, atau jalinan lain dengan negara itu, atau masyarakat negara yang tidak tinggal di negara itu tapi mempunyai usaha yang berarti atau ikatan lain dengan negara itu.

BACA JUGA :  Cara Berinvestasi untuk Pemula Dan Mengenal Jenis Investasi

Forbes memenangkan kesuksesan dengan merayakan mereka yang telah berhasil, dan mereka yang bercita-cita untuk membuatnya. Forbes mengumpulkan dan mengkurasi para pemimpin dan pengusaha paling berpengaruh yang mendorong perubahan, mengubah bisnis, dan membuat dampak signifikan bagi dunia. Merek Forbes saat ini menjangkau lebih dari satu juta orang di seluruh dunia melalui jurnalisme tepercaya, acara LIVE dan Forbes Virtual yang khas, program pemasaran khusus, dan edisi lokal berlisensi di negara-negara. Pemerluasan brand Forbes Tempat mencangkup persetujuan lisensi real estat, pengajaran, dan service keuangan.

Forbes baru-baru ini mengumumkan rencana untuk go public melalui kombinasi bisnis dengan Magnum Opus NYSE: O sebuah perusahaan akuisisi tujuan khusus SC, yang diharapkan akan ditutup pada Q tahun ini atau Q tahun depan.

Forbes Indonesia adalah Forbes Indonesia edisi Indonesia, diterbitkan di bawah lisensi oleh perusahaan media PT Wahana Mediatama. Forbes Indonesia diterbitkan setiap bulan dan dalam bahasa Inggris. Ini menampilkan lebih dari dua pertiga konten editorial asli Indonesia, yang ditulis oleh tim jurnalis bisnis lokal terkemuka. Salinan asli dilengkapi dengan artikel Forbes dari majalah edisi AS dan Asia. Konten mencakup profil taipan top Indonesia, wirausahawan yang sedang naik daun, filantropi, gaya hidup, dan topik lain yang menarik bagi pembaca bisnis tingkat tinggi.