6 Cara Investasi Uang untuk Pemula Termudah

LIPUTANPERSADA.COM – Ini langkah investasi uang yang akurat. Yok dimulai dari saat ini!

Jadi investor di pasar modal dengan investasi uang sudah jadi pola hidup produktif untuk barisan umur muda milenial. Masalahnya berdasar data Kustodian Sentra Dampak Indonesia (KSEI), 70% investor pasar modal Indonesia ialah anak muda.

Selainnya dari keuntungan yang didapat, Anda harus juga siap dengan resiko yang kemungkinan terjadi saat melakukan investasi. Berikut pembahasan OCBC NISP untuk Anda agar melakukan investasi dengan aman dan efisien. Baca yok!

Apakah itu Investasi Uang

Salah satunya hal yang bisa Anda kerjakan untuk meningkatkan harta ialah investasi uang. Investasi uang ialah kegiatan memberikan uang sebagai modal dengan keinginan akan berkembang dan hasilkan keuntungan.

Tips Berinvestasi Uang dengan Tepat

Tiap kegiatan investasi tentu mempunyai resiko tertentu. Tetapi, resiko itu bisa Anda minimalisir dengan mengaplikasikan beberapa taktik yang akurat. Berikut beberapa taktik langkah investasi uang yang efisien.

1. Tetapkan Periode Waktu Investasi

Pertama, Anda dapat mengaplikasikan langkah investasi uang yang pas berdasar periode waktu perolehan. Hal itu akan menolong Anda di dalam meraih sasaran sesuai gagasan. Biasanya, periode waktu investasi dipisah jadi tiga. Salah satunya seperti berikut.

  • Tujuan jangka pendek : < 3 tahun
  • Tujuan jangka menengah : 3-5 tahun
  • Tujuan jangka panjang : > 5 tahun

2. Tetapkan Instrument Investasi

Saat sebelum pilih instrument investasi, pikirkan profile Anda sebagai investor. Biasanya, ada tiga kelompok profile resiko, salah satunya.

  1. Investor konvensional, yakni investor yang menyenangi investasi konstan.
  2. Investor moderat, yakni investor yang bisa terima fluktuasi saham dan cukup senang bila investasi melebihi tingkat inflasi.
  3. Investor agresif, yakni investor yang siap untuk ambil resiko rugi dengan fluktuasi yang tajam.
BACA JUGA :  ONUS - Aplikasi Seluler Investasi Vietnam: 1,5 Juta Pengguna dalam 18 Bulan, Bertujuan untuk 10 Juta Pengguna pada 2023

Ada beberapa langkah investasi uang yang bisa Anda tentukan untuk memulai melakukan investasi. Misalkan pada instrument pasar modal, seperti saham dan reksa dana atau investasi di bank. Berikut keterangan selengkapnya.

1. Investasi Reksa Dana

Salah satunya langkah investasi uang untuk siswa yang gampang yakni lewat reksa dana. Terlebih jika Anda tidak memiliki waktu luang dan kekuatan dalam menimbang risiko dari investasi, karena akan ada manajer investasi yang siap membantu.

Kesempatan yang disiapkan oleh reksa dana benar-benar lebar terbuka untuk calon investor. Masalahnya ada berbagai reksadana yang bisa diambil, seperti pasar uang, dan pasar investasi saham.

Anda cuman memerlukan modal sejumlah Rp50 ribu – Rp100 ribu untuk mulai melakukan investasi di reksa dana. Tidaklah aneh bila reksa dana menjadi satu diantara langkah investasi uang yang pas untuk yang baru memulai bermodal kecil.

2. Investasi Saham

Sekarang ini, banyak anak muda yang tertarik pelajari mengenai langkah investasi uang lewat pasar saham. Akses untuk melakukan investasi saham juga makin gampang, bahkan juga bisa digerakkan lewat program di smartphone.

Keuntungan yang dibuat dari investasi ini didapat dari aktivitas jual beli pemilikan saham dan dividen dari perusahaan. Minimum pembelian dan pemasaran saham ialah sekitar 1 lot atau sama dengan 100 helai.

3. Investasi di Bank

Langkah investasi uang di bank yang bisa Anda coba ialah deposito berjangka. Resiko yang dipunyai dari investasi ini condong benar-benar kecil, karena sudah terjaga oleh Instansi Penjamin Simpanan (LPS).

Dasarnya, konsep deposito bank sama seperti dengan menabung. Anda simpan uang dengan beberapa ketentuan dan tidak bisa dicairkan kapan pun. Pencairan uang cuman bisa dilaksanakan dalam masa saat yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA :  5 Jenis Investasi Jangka Pendek Pemula Cepat Dan Untung

3.Membuka Rekening Investasi

Sesaat akan melakukan investasi di pasar modal, Anda harus mempunyai rekening investasi. Jika Anda ingin mengawali investasi lewat cara online, Anda bisa membuat lewat perusahaan sekuritas,

Biasanya, document yang perlu Anda persiapkan saat ingin buka rekening investasi ialah KTP, Nomor Dasar Harus Pajak (NPWP), nomor rekening, dan pengisian formulir initial investment.

4. Kerjakan Penganekaragaman Investasi

Penganekaragaman ialah langkah investasi uang dengan pembagian modal yang Anda punyai ke beberapa jenis asset, seperti saham, reksadana, emas, sampai deposito. Ini mempunyai tujuan supaya Anda memperoleh hasil keuntungan yang optimal.

Disamping itu, penganekaragaman menolong Anda untuk kurangi resiko investasi dengan menahan berlangsungnya ketidakberhasilan keseluruhan bila salah satunya asset alami rugi. Karena, Anda masih mempunyai asset yang lain yang alami keuntungan.

5. Dimulai dari Modal Kecil

Tak perlu menanti sampai banyak memiliki uang untuk mengawali investasi. Masalahnya bermodal Rp100 ribu Anda dapat melakukan investasi, satu diantaranya di reksa dana. Bahkan juga, di sejumlah basis e-commerce, Anda dapat melakukan investasi emas dimulai dari Rp10 ribu saja.

Sebagai pemula, mulai investasi bermodal yang sedikit. Tentukan tipe investasi yang telah terjaga dan mempunyai kisah yang bagus sepanjang 5 tahun paling akhir. Sebagai rekomendasi, Anda bisa ikuti seminar mengenai panduan langkah investasi uang untuk yang baru memulai di internet.

6. Kerjakan Secara Konsisten

Saat mengawali investasi, Anda harus mempunyai taktik yang pas di dalam meraih sasaran yang diharapkan. Misalnya, strategi dollar ongkos averaging (DCA), yaitu cara investasi uang secara periodik di mana setiap bulannya akan memantau pergerakan pasar saham harian.

Nah Itulah keterangan berkenaan langkah investasi uang untuk yang baru memulai. Untuk Anda yang tertarik mengawali investasi, OCBC NISP tawarkan produk Reksa Dana yang diatur secara professional oleh manager investasi eksper. Nantikan apalagi, yok mulai investasi saat ini!

BACA JUGA :  Dana Darurat, Asuransi atau Investasi: Mana yang Lebih Penting?