Penjelasan TV Analog yang Bakal Dimatikan Mulai Hari 30 April 2022 | Liputan Persada
Penjelasan TV Analog yang Bakal Dimatikan Mulai Hari 30 April 2022

Penjelasan TV Analog yang Bakal Dimatikan Mulai Hari 30 April 2022

Penjelasan TV Analog yang Bakal Dimatikan Mulai Hari 30 April 2022. TV analog ialah apa? Baca di sini pemahaman TV analog yang akan dimatikan tayangannya awal hari ini Sabtu, 30 April 2022. Di hari ini Sabtu, 30 April 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai akan lakukan penghentian tayangan TV analog untuk berpindah ke TV digital. Tetapi, rupanya ada banyak warga yang kebingungan membandingkan di antara TV analog dengan TV digital.

Tayangan TV analog ialah tayangan tv yang dikeluarkan dengan memakai macam voltase dan frekwensi dari signal. TV analog mempunyai kekurangan bila dibanding dengan TV dital. Makin jauh dari stasiun pemancar, karena itu sinyal yang diamankan makin kurang kuat. Disamping itu, gambar pada TV analog akan jadi jelek dan berbayang. Dan TV digital ialah tipe tv yang memakai modulasi digital dan mekanisme kompresi untuk siarkan signal gambar, suara, dan data ke pesawat tv.

TV digital akan sampaikan gambar dan suara dengan jernih sampai di titik di mana sinyal tidak bisa diterima kembali. Terkait dengan program migrasi TV analog ke TV digital, Kominfo mengeklaim jika TV digital akan mendatangkan gambar dan suara yang lebih bagus. Tidak ada gambar yang berbayang atau semua wujud noise (bercak-bercak semut) pada monitor TV. Penghentian tayangan TV analog yang hendak dilaksanakan pada April ini ialah program migrasi ke TV digital tahapan pertama.

Ada 116 Kabupaten/Kota yang tidak kembali terima tayangan TV analog per 30 April ini hari.
Nanti, tahapan ke-2 penghentian TV analog dan lakukan migrasi ke TV digital yang disebut program Analog Switch-Off (ASO) ini akan bersambung di tahapan dua pada 25 Agustus 2022 dan tahapan tiga pada 2 November 2022. Dijumpai jika jumlah daerah yang hendak terima penghentian tayangan TV analog pada tahapan pertama ialah yang terbanyak.

BACA JUGA :  Pogba Mino Raiola Tutup Usia

Daerah-daerah itu terbagi dalam daerah yang berada di beberapa Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, sampai Papua. Adapun dasar pemerlakukan ASO ini tertera pada ayat 2 Pasal 60A UU Cipta Kerja. Pada ayat 2 pasal 60A UU Cipta Kerja disebut bawah migrasi penayangan tv terestial dari tehnologi analog ke tehnologi digital seperti diartikan pada ayat (1) dan pemberhentian tayangan analog (analog switch off) dituntaskan paling lamban 2 (dua) tahun sejak memberlakukan UU Cipta Kerja.

Akhir kata

Demikian sekilaas info tentang Penjelasan TV Analog yang Bakal Dimatikan Mulai Hari 30 April 2022. Bila ada kritik dan saran tulis di kolom komentar ya! Terima kasih dan sampai jumpa kembali.