China Hajar Bitcoin, Trader Kripto Melawan | Liputan Persada
China Hajar Bitcoin, Trader Kripto Melawan

China Hajar Bitcoin, Trader Kripto Melawan

LIPUTANPERSADA.COM – Penambang berukuran sedang % kacau dalam tindakan keras tahun ini, menurut seorang ahli yang berbicara kepada CNBC. Mereka tidak dapat membongkar peralatan mereka untuk menutup kerugian mereka, mereka juga tidak dapat menambang dengan kapasitas penuh lagi, karena jejak listrik mereka mudah dideteksi.

Tapi untuk ranjau yang lebih kecil, seperti yang dijalankan Ben, lebih mudah untuk terbang di bawah radar. Beberapa membagi operasi penambangan mereka menjadi beberapa peternakan di seluruh negeri yang cenderung tidak diperhatikan oleh pihak berwenang. Lainnya membonceng sumber listrik lokal kecil, seperti bendungan kecil di daerah pedesaan yang tidak terhubung ke jaringan listrik utama.

Penambangan bukan lagi bisnis besar, kata seorang penambang bitcoin yang telah bertahun-tahun mencetak kripto di seluruh dunia, termasuk di China, dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena takut pada pihak berwenang. Sebaliknya, industri telah berubah menjadi lebih dari operasi sedikit demi sedikit, dengan beberapa ribu penambang di sini, beberapa ribu penambang di sana.

Ben – yang telah menambang cryptocurrency sejak – memiliki seribu rig penambangan yang ditenagai oleh jaringan listrik dan lima ribu unit lainnya ditambatkan ke tenaga air, langsung dari sumbernya di provinsi selatan Sichuan.

Untuk ratusan penambang yang menggunakan jaringan listrik, Ben mengatakan kepada CNBC bahwa dia telah menyebarkannya ke seluruh negeri, untuk menghindari deteksi oleh pihak berwenang.

Mereka ada di mana-mana. Anda tidak akan menemukan pola, kata Ben tentang peralatan penambangan yang telah dia colokkan ke saluran listrik industri di mana pun teman-temannya akan membiarkannya mengambil sedikit tenaga ekstra.

Ini sekarang menjadi praktik umum bagi banyak penambang, menurut Marshall Long, yang telah menambang cryptocurrency selama lebih dari satu dekade di tempat-tempat seperti Swedia, Islandia, dan Cina.

BACA JUGA :  Di dalam operasi penambangan kripto bawah tanah China, di mana orang mempertaruhkan segalanya untuk membuat bitcoin

Mereka menggambar dari grid, dan skalanya lebih kecil sekarang, jadi mereka terfragmentasi, kata Long, merujuk pada banyak temannya yang menambang di China di bawah radar. Mereka biasanya melakukannya dalam potongan megawatt atau lebih kecil, jadi mereka seperti membeli rumah dengan cara mereka untuk memungkinkan mereka menambang skala kecil.

Untuk memasukkannya ke dalam konteks, pusat kota Dallas menggunakan megawatt, dan setelah pembangunan selesai, tambang terbesar di Amerika akan memiliki kapasitas daya total megawatt.

Tapi Ben mengatakan masalah dengan teknik ini adalah harga jaringan sangat mahal. Menggunakan daya di luar jaringan memungkinkan margin keuntungan yang jauh lebih baik, dan lebih mudah dioperasikan secara diam-diam.

Musim hujan di Cina berlangsung dari Mei hingga akhir musim gugur, dan curah hujan tingkat muson menghasilkan banyak tenaga air, yang lebih mudah ditangkap dari balik meteran.

Larangan crypto Beijing datang ketika para penambang sudah menuju ke Sichuan dan Yunnan, dua provinsi utama untuk penambangan crypto, berkat konstelasi ribuan bendungan yang terdesentralisasi. Dibandingkan dengan pembangkit listrik tenaga batu bara di provinsi utara Xinjiang dan Mongolia Dalam, yang pernah menjadi benteng jaringan penambangan kripto, bendungan ini kurang dapat dilacak dan lebih sulit untuk diidentifikasi – dan oleh karena itu kurang bertanggung jawab terhadap peraturan pemerintah.

Pasti ada banyak penambang yang terikat pada ratusan demi ribuan bendungan hidro di Sichuan, kata Kevin Zhang dari perusahaan mata uang digital Foundry, yang membantu membawa lebih dari $ juta peralatan pertambangan dari China ke Amerika Utara.

Dalam kasus Ben, sebagian besar rignya menggunakan tenaga air. Dia memiliki dua situs di Sichuan. Satu megawatt dan yang kedua delapan megawatt. Ben mengatakan kepada CNBC bahwa di China, sebuah tambang di atas satu megawatt di satu lokasi sekarang dianggap cukup besar.

BACA JUGA :  Perusahaan Manufaktur ASIC SPCMiner Memperluas Penambangan Bitcoin di Kazakhstan

Bahkan sebelum pelarangan, sudah menjadi praktik standar bagi para penambang untuk menyewa atau membangun trafo dan gardu induk mereka sendiri, untuk menyediakan listrik ke lokasi penambangan langsung dari pembangkit listrik. Transformer mengambil daya dari gardu induk dan mengubahnya menjadi tegangan yang lebih rendah yang kemudian dapat digunakan untuk memberi daya pada penambang bitcoin.

Di salah satu lokasinya di Sichuan, Ben membayar satu kali biaya untuk menyewa seluruh pembangkit listrik yang beroperasi di luar jaringan, yang merupakan salah satu cara dia mengurangi kemungkinan ketahuan.

Sementara Ben telah mengambil langkah untuk menyembunyikan aktivitasnya, dia tidak sepenuhnya kebal terhadap deteksi. Dia mengatakan bahwa China Telecom, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di negara itu, merangkap sebagai polisi pertambangan di China dengan mengawasi penggunaan listrik yang mencurigakan.

Setelah diidentifikasi, rantai komando menjadi permainan telepon — China Telecom merujuk aktivitas tersebut ke pemerintah pusat, yang kemudian menyampaikan informasi ini ke provinsi atau kota tertentu tempat dugaan penambangan terjadi. Dari situ, menurut Ben, pemerintah setempat langsung memanggil pembangkit tersebut untuk mengusut dugaan tersebut.

Ini baru-baru ini terjadi pada Ben, tapi dia bilang dia beruntung karena pemilik pembangkit listrik menyukainya. Ketika pemerintah menghubungi pembangkit listrik tentang aktivitas yang mencurigakan, pemiliknya melindungi Ben. Setelah panggilan tersebut, Ben mematikan tambang selama beberapa hari, mengambil beberapa langkah ekstra untuk menutupi lalu lintas jaringannya, lalu menyalakannya kembali.

Penambang menyembunyikan alamat IP mereka dengan menggunakan jaringan pribadi virtual, atau VPN, untuk menutupi jejak digital geografis mereka. Tetapi Beijing bijaksana dalam menggunakan VPN sebagai alat untuk menghindari sensor pemerintah dan telah menindak penggunaannya.

Sebagian besar penambang bawah tanah sekarang beralih ke kolam penambangan sebagai cara lain untuk menyembunyikan jejak mereka, bergabung dengan penambang cryptocurrency dari seluruh planet ini untuk menggabungkan kekuatan komputasi mereka. Meskipun banyak kumpulan penambangan telah mengumumkan penangguhan layanan di dalam Tiongkok, berbagai sumber memberi tahu CNBC bahwa beberapa kumpulan asing masih mendaftarkan penambang Tiongkok.

BACA JUGA :  Masih Melemah, Simak Harga Bitcoin Hari Ini

Mereka menyembunyikan hashrate mereka, jelas Ben. Hashrate adalah istilah industri yang digunakan untuk menggambarkan kekuatan komputasi kolektif semua penambang di jaringan bitcoin.

Biasanya, ketika sebuah blok transaksi ditambang dan ditambahkan ke buku besar transaksi digital yang dikenal sebagai blockchain, kumpulan yang memenangkannya menandatangani namanya ke blok tersebut. Berbagai sumber memberi tahu CNBC bahwa sekarang, ketika penambang Cina menyumbangkan kekuatan komputasi mereka untuk memecahkan blok, kumpulan memilih untuk tidak menandatangani nama mereka, yang merupakan penyimpangan dari protokol sebelumnya.

Sebuah pool tidak harus mengungkapkan data apapun, lanjut Ben. Anda pada dasarnya memberi tahu dunia bahwa pendapatan saya hanya setengah dari apa yang sebenarnya saya miliki. Anda tidak membual tentang hal itu.

Ini dapat membantu menjelaskan mengapa pangsa pasar bitcoin global di China hampir nol dalam semalam, karena indeks penambangan bitcoin didasarkan pada data yang dibagikan secara sukarela oleh kumpulan penambangan.